Juli 17, 2024
Nasional

Fashion 2022 Sukses Mengelar Lomba Nasional

Palembang, Probuana.com – Pelaksanaan kegiatan Faculty of Sharia and Law Milad Edition (FASHION) Tahun 2022 secara resmi telah ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. FASHION 2022 yang diselenggarakan tingkat nasional ini membuka empat cabang lomba, yaitu Musabaqoh Qiroatul Kutub, Hadroh, Video Pendek Dan Legal Opinion.

Kegiatan itu diikuti sejumlah perguruan tinggi diantaranya Universitas Negeri Semarang (UNES), Universitas Jambi, UIN STS Jambi, UIN Fatmawaty Soekarno Bengkulu, UIN Mataram, dan IAIN Ternate. Lalu ada IAIN Ambon, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,  IAIN Curup, Universitas Islam Bandung, Universitas Trunojoyo Madura dan UIN Raden Fatah Palembang.

Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak 09 Mei hingga 02 Juni 2022 itu, bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar Perguruan tinggi se- Indonesia, meningkatkan peran Perguruan Tinggi Islam sebagai lembaga pendidikan Islam dalam mencetak kader bangsa, tokoh masyarakat di masa depan serta meningkatkan kecintaan dan kemampuan mahasiswa dalam melakukan kajian dan pendalaman-pendalaman ilmu-ilmu syariah dan hukum positif.

Kompetisi dilakukan secara online dan penilaian lomba diberikan oleh dewan juri yang memiliki kredibelitas keilmuan pada bidangnya masing-masing. Dewan juri berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Syakhiyakirti Palembang, Dewan Syariah Nasional Provinsi Sumatera Selatan, IAIN Salatiga, UIN STS Jambi, Lembaga Bantuan Hukum kota Palembang, Institut Agama Islam Al Azhar serta pembina seni Islam/hadroh kota Palembang”

“Untuk menjaga objektifitas dan profesionalitas, lomba ini mendatangkan juri yang terdiri dari akademisi, praktisi hukum, pembina seni Islam yang kredibel,” ungkap Sekretaris panitia pelaksana Fadillah Mursyid.

Kegitan yang dibuka oleh Dekan Fakuktas Syariah dan Hukum UIN Palemban Dr. H. Marsaid, M.A pada tanggal 30 Mei 2022, secara resmi ditutup pada tanggal 3 Juni 2022 oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Hj. Siti Rachmiyatun, M.Hum secara virtual sekaligus pengumuman pemenang.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan apresiasi yang luar biasa atas capaian pada kegiatan lomba FASHION ini dan berharap kedepannya menjadi agenda rutin tahunan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang yang harus ditingkatkan, baik kualitas maupun kuantitasnya. Beliau juga berharap lomba ini dapat memberikan motivasi yang lebih baik lagi bagi mahasiswa.

“Kegiatan FASHION 2022 juga sukses digelar berkat kerjasama semua panitia lomba serta respon positif dari peserta lomba,” ujarnya.

Berikut daftar pemenang lomba FASHION 2022 dari empat cabang lomba:

  1. Kategori video pendek, juara 1 diraih oleh IAIN Ambon, juara 2 UIN STS Jambi dan juara 3 UIN Rafah Palembang.
  • Kategori hadroh juara 1 diraih oleh UIN Rafah palembang, juara 2 Universitas Jambi dan juara 3 IAIN Ambon.
  • Kategori musabaqoh qiroatul kutub juara 1 UIN Rafah Palembang, juara 2 IAIN Ambon, dan juara 3 IAIN Ternate.
  • Kategori legal opinion /LO juara 1 diraih oleh Universitas Negeri Semarang, juara 2 UIN Rafah Palembang, dan juara 3 UIN STS Jambi, untuk program magister hukum juara 1 diraih oleh UIN Rafah Palembang dan juara 2 oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Peserta cukup antusias dengan kegiatan tersebut, salah satunya Sella Kurniati, juara 2 lomba video dari UIN STS Jambi. Dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut karena telah memfasilitasi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan berkarya bagi anak bangsa.

“Dengan diselenggarakannya lomba ini akan meningkatkan semangat kami untuk berkarya terus, terima kasih UIN Raden Fatah,” ucapnya.

Hal yang sama di sampaikan oleh M. Sutan Rajab Hasibuan juara 3 musabaqoh qiroatul kutub dari IAIN Ternate, ia berharap event seperti ini dibudayakan karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengekpresikan diri dalam hal yang  baik yaitu mengukir prestasi.

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *