Juli 18, 2024
Nasional

PAN Umumkan Capres 2024, Ada Nama Puan-Anies

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan diapit oleh 2 orang tokoh yang akan diusung dalam pilpres 2024. (FOTO:instagram.com/zul.hasan)

Bandung, Probuana.com – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Amanat Nasional (PAN), ditutup dengan pengumuman Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang akan diusung PAN pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam pidatonya di penutupan Rakernas III PAN di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (27/8) malam, mengumumkan 9 nama Bacapres yang akan mereka usung.

PAN membagi 9 nama itu ke dalam tiga klaster yakni ketua umum partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), teknokrat, dan kepala daerah.

“Pertama, PAN saat ini sudah berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini harus punya peran dalam kontestasi politik mendatang. Semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa kita dorong. Pertama, saya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, kedua Pak Airlangga dari Partai Golkar, Pak Suharso Monoarfa dari PPP. Dan satu lagi pimpinan dari PDI Perjuangan Ibu Puan Maharani,” tutur Zulhas.

Klaster kedua yang berasal dari unsur teknokrat, kader PAN dari berbagai daerah kata Zulkifli, melihat sosok Menteri BUMN, Erick Thohir, pantas untuk maju dalam pilpres 2024.

Sementara dari klaster kepala daerah, terdapat beberapa nama populer muncul dan didukung anggota partainya dari berbaga daerah.

“Ketiga, klaster kepala daerah. Ini paling semarak diusulkan dari berbagai daerah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa,” lanjut Zulhas.

Zulhas mengatakan sebelumnya kesembilan nama tersebut disaring dari rapat kerja di level akar rumput dari mulai tingkat kecamatan lalu dibawa ke kabupaten/kota, hingga rakerwil di level provinsi. Setelah direkomendasikan dalam Rakernas, nama-nama tersebut nantinya akan disaring kembali untuk nantinya diusung sebagai calon presiden yang diusung PAN.

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *