Juli 18, 2024
Nasional

BNPB Siapkan Dana Tunggu Hunian Bagi Korban Erupsi Semeru

Pelaksana Tugas (Plt) Kapusdatin BNPB Abdul Muhari. (Sumber: BNPB Indonesia)

Lumajang, Probuana.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menyediakan dana tunggu hunian bagi warga yang mengalami kerugian material seperti rumah rusak berat atau hancur.

“BNPB akan memberikan dana tunggu hunian hingga enam bulan ke depan sampai rumah mereka dibangun kembali dengan dukungan pemerintah di lokasi yang baru,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kapusdatin BNPB Abdul Muhari.

Muhari juga mengatakan sedikitnya 14 orang diketahui meninggal dunia dalam peristiwa meletusnya gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) tersebut. Dalam conferensi pers pada Minggu (5/12/2021) kemarin, diketahui korban luka berat dan ringan berjumlah 56 orang.

“Jumlah korban meninggal dunia, terdata hingga saat ini (Minggu petang WIB) 14 orang. Untuk korban luka berat, 35 orang adapun yang luka ringan berjumlah 21 orang sehingga jumlah total korban luka adalah 56 orang,”

Sementara lima korban meninggal yang berada di RS Bhayangkara, Lumajang, belum bisa diindentifikasi. Selain itu, ribuan warga di sejumlah desa di Malang dan Lumajang mengungsi ke tempat-tempat yang telah disediakan.

BNPB bersama Pemprov Jawa Timur, PMI, Kemensos, Kemenkes, Rumah zakat dan Baznas sudah mengirimkan logistik dasar yang cukup bagi para korban terdampak erupsi gunung Semeru yang saat ini berada di posko pengungsian. (dja)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *