Juli 21, 2024
Daerah

Alumni 212 Priangan Timur Gelar Reuni di Masjid Agung Ciamis

Suasana peserta reuni alumni 212 di sekitaran Masjid Agung Ciamis di Jl. Jend. Sudirman Ciamis, Jawa Barat. (Foto: Youtube Nop Hanafi)

Ciamis, Probuana.com – Ribuan masa alumni aksi 212 menyemut memadati area Masjid Agung Ciamis Jl. Jend. Sudirman Ciamis guna mengikuti acara Tasyakuran Reuni Alumni 212 se-Priangan Timur, Kamis (2/12/2021).

Reuni alumni 212 dimulai dengan sholat subuh berjamaah yang diikuti santri dan kiyai dari berbagai kota se-Priangan Timur, meliputi Kota Banjar, Ciamis, Pangandaran, Garut, Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Kuningan, dan Sumedang.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ciamis KH. Syarif Hidayat yang turut hadir dalam acara reuni itu menegaskan, kegiatan reuni alumni 212 itu tidak memiliki agenda untuk memberontak pemerintah atau melawan aparat kepolisian. Reuni tersebut semata-mata bentuk masih adanya ghirah keimanan dalam hati mujahid 212.

“Kita dana tidak punya, senjata apalagi, tidak punya kekuatan apapun, yang ada adalah menggeloranya keimanan yang di dada masing-masing,” katanya.

Dalam kesempatan itu, KH. Syarif Hidayat juga menyampaikan alasan pihaknya tetap menggelar reuni alumni 212 di Ciamis. Menurutnya, momentum 212 yang terjadi lebih kurang 5 tahun lalu itu merupakan sejarah yang membekas bagi santri dan kiyai yang berasal dari Priangan Timur khususnya dari Ciamis.

Sejarah yang menggebrak dunia itu terjadi saat ratusan masa yang terdiri dari santri, kiyai dan pimpinan pondok pesantren se Ciamis, memutuskan untuk berjalan kaki longmarch dari Ciamis menuju Jakarta akibat tidak memiliki akses berangkat ke Monas karena seluruh kendaraan bus yang ada dicegah membawa mereka bergabung bersama jutaan masa lainnya di Jakarta.

“Karena pada saat itu banyak karomah yang muncul, lebih dari 7 juta orang berkumpul di satu tempat dengan suasana yang damai dan aman,” tambahnya.

Sementara itu Ketua PA 212 Kabupaten Ciamis KH. Deden Badrul Kamal atau Mama Golangsing mengatakan aksi 212 adalah sebuah momen kebersamaan lintas ormas, lintas etnis, bahkan lintas negara.

Selaku perwakilan PA 212, Mama Golangsing mengapresiasi pemkab Ciamis dan aparat gabungan TNI-Polri yang turut mengamankan jalannya acara reuni tersebut.

Reuni itu dilanjutkan dengan orasi tokoh-tokoh se-Priangan Timur, di antaranya KH. Dr. Iif Taufiq El Haque (Tokoh Muhammadiyah Ciamis), KH. Yanyan (Tasikmalaya), KH. Tatang Musthafa Kamal (Garut), KH. Asep Madani (Cijeungjing Ciamis), KH. Aminuddin (Kabupaten Tasikmalaya), Ust. Alamsyah (Kota Banjar), Habib Reza (Jakarta), KH. Maksum Hasan (Ciamis), dan ditutup dengan orasi dari inisiator longmarch Ciamis-Jakarta KH. Nonop Hanafi (Bayasari Ciamis). (dja)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *