Juli 17, 2024
Daerah

Ketua DPRD Sumsel Bantu Paket Sembako untuk Petugas Pemakaman Covid-19

Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati serahkan bantuan paket sembako kepada petugas pemakaman TPU Gandus. (FOTO : Dok/ Ist)

Palembang, Probuana.com – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) RA Anita Noeringhati memberikan bantuan paket sembako kepada petugas pemakaman Covid-19 di tempat pemakaman umum (TPU) Gandus.

Bantuan diserahkan langsung Anita dengan mendatangi TPU Gandus, Jumat (16/7). “Di tengah pandemi Covid-19 terasa sekali dampaknya. Bukan hanya tenaga kesehatan yang kewalahan, termasuk petugas di TPU Gandus yang sama sekali tidak mengenal waktu siang malam bertugas menggali kubur untuk pemakaman korban Covid-19,” kata anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar.

Menurut anggota DPRD Sumsel dari daerah pemilihan (Dapil) Palembang, bantuan sembako untuk petugas TPU Gandus adalah sekedar tali kasih, kepedulian sekaligus apresiasi kepada petugas pemakaman yang mungkin terlupakan sementara mereka telah meluangkan tenaga dan waktunya membantu memperlancar proses pemakaman jenazah pasien Covid-19 di kota Palembang.

Sebagai wakil rakyat di parlemen, sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Anita kerap melakukan kegiatan memberikan bantuan yang didistribukan kepada warga yang terdampak Covid-19. 

“Pemberian bantuan sembako ini tidak hanya di Dapil saja, tapi semua mereka yang terdampak. Kalau waktunya pas saya sendiri yang menyalurkan, kalau tidak melalui tim. Ini juga sekaligus upaya saya menyerap aspirasi dari masyarakat,” ujar anggota DPRD Sumsel yang sudah menjadi anggota parlemen selama tiga periode.

Dari petugas TPU, Anita juga mendapat informasi bahwa ada 12 orang petugas pemakaman yang belum mendapat vaksin. Setiap hari para petugas bersinggungan langsung saat bertugas.

“Terima kasih Bapak-bapak, saya akan sampaikan langsung ini ke Dinas Kesehatan provinsi maupun kota agar segera mendapat vaksinasi. Kita minta petugas vaksin bisa datang langsung ke TPU langsung jadi bukan mereka yang mendatangi ke faslitas kesehatan atau puskesmas,” kata politikus yang juga menjabat Ketua Harian DPD Partai Golkar Sumsel.

TPU Gandus oleh Pemerintah Kota Palembang ditetapkan sebagai tempat pemakaman warga yang meninggal akibat Covid-19. TPU Gandus memiliki luas dua hektar mampu menampung sekitar 1.500 jenazah.

“Jumlah yang sudah dimakamkan saat ini 562 jenazah,” kata Hendra Wijaya staf Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman kota Palembang.

Menurut Herman koordinator pos pemakaman Covid-19 TPU Gandus, di tempat ini jumlah petugas pemakaman sebanyak 12 orang. “Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian Ibu Ketua DPRD Sumsel. Bantuan ini sangat meringankan kami di tengah pendemi,” ujarnya. (rilis/mas)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *