Juli 18, 2024
Nasional

8 Tahun Berdiri, IArbI Terus Sosialisasikan Penyelesaian Sengketa Bisnis Melalui Arbitrase

Jajaran pengurus Institut Arbiter Indonesia (IArbI) saat perayaan HUT ke 8 di Hotel Aston Pasteur Bandung Kamis (10/12) (Foto : JS).

Bandung, Probuana.com – Institut Arbiter Indonesia (IArbI) saat ini tengah merayakan HUT ke 8 tahun yang digelar secara online dan offline pada Kamis (10/12). Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan yang berpusat di Hotel Aston Pasteur Bandung itu berjalan dengan khidmat dan lancar. Untuk menghindari kerumunan, jumlah undangan yang hadir langsung di hotel sangat dibatasi oleh panitia penyelenggara.

Selama berdirinya, IArbI terus melakukan sosialisasi penyelesaian sengketa bisnis melalui forum arbitrase. Hal itu merupakan respon cepat dari IArbI karena saat ini sengketa-sengketa terutama sengketa bisnis diselesaikan dalam forum arbitrase.

“Selama 8 tahun ini, IArbI terus melakukan sosialisasi arbitrase itu yang penting. Karena sekarang ini terutama sengketa bisnis lebih banyak diselesaikan melalui forum arbitrase dan ADR yang menjadi pilihan utama bagi pelaku bisnis” kata H. Bambang Hariyanto, SH., MH., FCBArb., FIIArb. Anggota Dewan Pengawas IArbI disela-sela acara.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Masih Mewabah, IArbI Rayakan HUT Ke 8 Secara Terbatas

Bambang juga menyampaikan arah kebijakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan sengketa bisnis, cenderung didorong untuk diselesaiakan melalui mekanisme arbitrase dan APS/ADR.

“Peran IArbI adalah menyampaikan pesan ini kepada perguruan tinggi. Kita telah banyak kerjasama dengan kampus-kampus besar di Indonesia, dalam kaitannya agar kampus menyiapkan sedini mungkin mahasiswanya bahwa arbitrase itu mekanisme penyelesaian sengketa yang penting saat ini dan di masa yang akan datang” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal IArbI Dr. H. Jafar Sidik, S.H., M.H., M.Kn., FCBArb., FIIArb. menyampaikan sangat banyak harapan IArbI di usianya yang ke 8 ini. Jafar berharap IArbI terus berkiprah dalam pengembangan arbitrase dan Alternatif penyelesaian sengketa.

“Acara ini semoga memberikan semangat agar IArbI terus berkiprah dalam pengembangan lembaga arbitrase dan Alternatif penyelesaian sengketa” pungkas Jafar Sidik.

Tampak hadir beberapa tokoh kunci di antaranya Ketua IArbI Dr. Ir. Agus G. Kartasasmita, M.Si., M.T., MH., FCBArb., FIIArb. Sekretaris Jenderal Dr. H. Jafar Sidik, S.H., M.H., M.Kn., FCBArb., FIIArb. dan Dewan Pengurus IArbI Dr. Ir. H. Ahmad Rizal S.H., M.H., FCBArb., FIIArb. Selain itu, hadir pula Dewan Pengawas Prof. Dr. Huala Adolf, S.H., LL.M., FCBArb., FIIArb., H. Bambang Hariyanto, S.H., M.H., FCBArb., FIIArb., dan jajaran pengurus IArbI lainnya.

Selanjutnya hadir pula Pengurus BANI Bandung, yaitu Ir. Iing Rochman K.,M.H., FCB.Arb., Dr. H. Asep Rozali, S.H., M.H., AIIArb. dan Rina Budhiswara, S.H., AIIArb. serta para alumni IArbI. (dja)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *