Juli 26, 2024
Daerah

Permahi Laboratorium Mahasiswa Fakultas Hukum

H. Bambang Hariyanto, SH., MH., FCBArb., FIIArb. (kanan) saat menerima penghargaan dalam acara Pelantikan dan Silaturahmi Lintas Generasi PERMAHI DPC Palembang di Mahameru Ballroom Swarna Dwipa Hotel Palembang, Sabtu (30/10/2021).

Palembang, Probuana.com – Fakultas Hukum tidak memiliki laboratorium seperti Fakultas Kedokteran atau Fakultas Teknik, laboratorium Fakultas Hukum itu adalah organisasi termasuk organisasi PERMAHI. Ungkap Bambang Hariyanto saat menyampaikan sambutan dalam acara pelantikan dan silaturahmi lintas generasi Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI) DPC Palembang di Mahameru Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Sabtu (30/10/2021.

Organisasi menurut Bambang, menjadi bagian yang penting bagi seorang mahasiswa. Pasalnya dari organisasi itulah mahasiswa belajar semua hal, seperti belajar membangun komunitas, belajar menjadi pemimpin, termasuk belajar berbangsa dan bernegara.

“Karena tata kelola organisasi yang baik itu adalah cerminan bagaimana ke depan kita berkontribusi membangun tata kelola negara yang baik pula,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia menekankan kepada seluruh anggota PERMAHI yang hadir untuk bangga karena telah berada di Fakultas Hukum. Menurutnya, kebanggaan itu patut dimiliki karena mahasiswa fakultas hukum termasuk yang paling prosfek dan banyak pilihan profesi yang akan digeluti pasca kuliah.

“Untuk jadi penegak hukum SDM-nya pasti alumni fakultas hukum. Jadi advokat, hakim, jaksa yang institusi peradilan dan kejaksaan itu tersebar dari Sabang sampai Merauke. Maka tugas kita saat ini terus menata diri belajar karena itu porsi kita,” ujarnya.

Selain menjadi aparat penegak hukum, pasar untuk sarjana hukum terbuka lebar seperti menjadi birokrat atau ASN. Tinggal bagaimana setiap mahasiswa fakultas hukum sekarang menempatkan diri dan menyadari peluang yang sangat terbuka luas.

Tak sebatas sampai disitu, pria yang berprofesi sebagai Advokat dan Arbiter BANI itu juga menyampaikan bahwa peluang sarjana hukum yang tak kalah penting adalah menjadi politisi. Partai politik saat ini seperti penguasa tertinggi di Indonesia. Ia mencontohkan calon hakim agung sebelum dilantik pasti melewati proses seleksi atau fit & proper test di Komisi III DPR RI.

“Itu merupakan proses politik yang dilakukan oleh partai politik di parlemen. Soal anggaran apalagi, berkuasa betul parlemen. Maka apabila partai politik itu diisi oleh orang yang pintar, yang punya idealisme, tentu republik ini akan menjadi lebih baik. Maka anak muda yang cerdas jangan menjauhi politik, bila perlu masuk partai politik dari sekarang,” paparnya.

Diakhir sambutan, dirinya perpesan agar seluruh anggota PERMAHI yang hadir untuk menumbuhkan sifat optimis dan menumbuhkan semangat untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara ke depan. ia juga mengucapkan selamat kepada Ketua DPC PERMAHI Palembang yang akan dilantik pada kesempatan itu.

kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru yang diwakili Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Sumsel Syahrullah, Walikota Palembang yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Sosial dan Kemasyarakatan Zandaria, Dandim Palembang, Ketua Ombudsman Perwakilan Sumsel, dan para demisioner pengurus PERMAHI Palembang dari lintas generasi. (dja)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *