April 18, 2024
Nasional

Koalisi Indonesia Bersatu Bersiap Hadapi Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa berbincang dalam pertemuan meresmikan Koalisi Indonesia Bersatu di Jakarta, Kamis (12/5/2022) lalu. (FOTO: Dok. Partai Golkar)

Jakarta, Probuana.com – Tiga partai politik yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi membentuk koalisi jelang perhelatan Pemilu 2024 dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu.

Kesepakatan membentuk koalisi itu usai masing-masing ketua umum tiga parpol tersebut yang terdiri dari Airlangga Hartanto, Zulkifli Hasan, dan Suharso Manoarfa menggelar pertemuan di Menteng, Jakarta pada Kamis (12/5/2022).

Ketum Golkar Airlangga Hartanto mengatakan, koalisi pertama yang dibentuk dalam tahapan pemilu 2024 ini sudah melalui kajian yang mendalam dan akan bekerja sama dalam beberapa agenda politik, termasuk pada Pemilu 2024 mendatang.

“Kita ke depan ingin membangun budaya politik baru dimana dijalankan dengan kerjasama yang berjenjang dan bertahap. Dimana kerjasama ini tidak dilakukan dengan terburu-buru melainkan melalui kejian yang mendalam. Kita akan bekerjasama ke depan mengawal agenda-agenda politik ke depan termasuk Pemilu 2024,” Katanya

Sementara kata “Bersatu” diambil dari lambang ketiga partai koalisi pemerintah tersebut, yakni BERingin, SuryA, dan BaiTUllah.

Koalisi Indonesia Bersatu dipastikan telah memenuhi ambang batas Presidential Threshold 20 persen dari jumlah kursi DPR atau 25 persen dari jumlah suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Pada pemilu 2019, Golkar meraih suara sebanyak 12,31 persen, PAN sebanyak 6,84 persen, dan PPP mendapat suara sah secara nasional sebanyak 4,52 persen. Sehingga total suara sah nasional koalisi ini mencapai 23,67. (dja)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *