Juli 17, 2024
Nasional

Empat Nama Tokoh Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum PBNU

Pembukaan Muktamar NU di Pondok Pesantren Darussaadah Lampung, Rabu (22/12/2021). (Sumber: Kumparan.com)

Probuana.com – Sejumlah nama kini mulai muncul meramaikan bursa Calon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang akan dipilih pada Muktamar ke 34. Muktamar berlangsung selama 2 hari mulai Rabu-Kamis (22-23/12/2021) di Provinsi Lampung.

Sejumlah agenda besar termasuk pemilihan Ketua Umum PBNU yang baru akan ditetapkan dalam Muktamar ke 34 ini. sejaun ini ada empat tokoh NU yang digadang-gadang akan maju sebagai calon ketua umum. Keempatnya adalah Prof Dr KH Said Aqil Siradj, Dr KH As’ad Said Ali, KH Yahya Cholil Staquf, dan KH Marzuki Mustamar.

Masing-masing calon ketua umum mengklaim dirinya mendapat dukungan dari warga nahdliyyin. Akan tetapi hingga saat ini belum ada nama resmi yang menjadi caketum. Para calon akan ditetapkan dan diumumkan pada acara puncak muktamar Kamis mendatang.

Ketua Panitia Muktamar ke 34 NU KH Imam Azis mengatakan ada empat venue dalam Muktamar ke 34 ini. Hal itu diambil supaya tidak ada penumpukan masa peserta Muktamar. Pembukaan hingga sidang-sidang pleno akan dilaksanakan di empat tempat yaitu Pesantren Darussa’adah, Universitas Lampung, UIN Raden Intan, Universitas Malahayati.

“Pemilihan Rois Aam melalui metode Ahlul Halli Wal Aqdi dan pemilihan Ketua Umum (pemilihan) secara langsung berlangsung di Pesantren Darussa’adah,” kata KH Imam Azis.

Muktamar ke 34 NU dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (22/12/2021). Pembukaan muktamar dihadiri tokoh-tokoh nasional seperti Wakil Presiden Prof KH Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Mensesneg Prof Pratikno, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, dan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar serta sejumlah tokoh lainnya. (dja)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *