April 20, 2024
Ekbis

HUT BANI Bandung Ke 17, Ini Profil dan Susunan Pengurusnya

H. Kuswara S. Taryono, SH., MH. Penasehat BANI Bandung (kiri) memberikan potongan kue kepada Dr. H. Jafar Sidik, SH., MH., M. Kn., FCBArb., FIIArb. Wakil Ketua I BANI Bandung (kanan) saat perayaan HUT ke 17 BANI Bandung. (Foto: Jafar Sidik/BANI Bandung)

Bandung, Probuana.com – Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) merupakan lembaga penyelesaian sengketa di luar pengadilan. Sejak berdirinya tahun 1977 lalu, saat ini BANI berada di Jakarta dan berada di beberapa kota besar di Indonesia, seperti di Surabaya, Bandung, Medan, Pontianak, Palembang, Jambi dan Bali.

Bani Bandung sendiri baru saja merayakan HUT ke 17 pada hari Sabtu (2/10/2021) berpusat di Hotel Savoy Homann Bandung. Acara perayaan sendiri dibalut dengan seminar yang digelar secara daring dan luring. Kegiatan terlaksana atas kerjasama BANI Perwakilan Bandung dengan Departemen Transnational Business Law, Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung.

Bani Bandung memiliki peran dan fungsi dalam upaya penegakan hukum di Indonesia dan menyelenggarakan penyelesaian sengketa bidang perdata, perdagangan dan bisnis. BANI juga bertindak otonom dan independen dalam penegakan hukum dan keadilan, menyelenggarakan kerjasama dengan Univesitas dan Asosiasi dan melakukan sosialiasi terus menerus tentang peran, eksistensi, keberadaan kantor pusat dan BANI perwakilan.

BANI juga turut berperan untuk memberikan layanan terhadap small claim arbitration  dan e-arbitration serta memberikan pemahaman merancang dan fungsi klausula/perjanjian arbitrase. Saat ini jumlah perkara sengketa bisnis di BANI Bandung terus mengalami peningkatan yang signifikan.

BANI Bandung didirikan pada tahun 2003 lalu dan telah melewati 3 periode kepengurusan. Kepengurusan pertama dipimpin H. Kuswara S. Taryono, SH., MH. Pria yang dikenal juga sebagai komisaris Persib Bandung itu memimpin periode tahun 2003-2005. Selanjutnya kepengurusan diteruskan oleh Prof. Huala Adolf, S.H., LLM., Ph D., FCBArb, FIIarb. Prof Huala menjadi ketua BANI Bandung selama 2 periode yaitu 2005-2010 dan 2010-2015.

Kepengurusan BANI Periode 2015-sekarang dipimpin oleh Ir. H. Iing Rochman K., M.H., FCBArb., FIIArb., sebagai ketua. Untuk optimalisasi pelayanan BANI Bandung terhadap pihak yang bersengketa, Iing dibantu jajaran kepengurusan yang cukup lengkap terdiri dari:

H. Kuswara S. Taryono, SH., MH. (Penasehat)

Dr. H. Jafar Sidik, S.H., M.H., M. Kn., FCBArb., FIIArb. (Wakil Ketua I)

Dr. H. Asep Rozali, SH., MH., AIIArb. (Wakil Ketua II)

Hj. Rina Budhiswara, SH., SpN. (Sekretaris)

Jafar Sidik mengatakan perayaan HUT ke 17 BANI Bandung ini sengaja dikemas dengan rangkaian acara seminar secara daring dan luring. Menurut Jafar ini bertujuan untuk mensosialisasikan BANI di tengah masyarakat.

“Harapannya ada peran yang diberikan oleh BANI Bandung. Ingin lebih dekat dengan masyarakat, bahwa di Bandung ada lembaga yang tugasnya melesaiakan sengketa-sengketa bisnis,” ungkapnya dilansir dari S2TV Bandung.

Saat ini BANI Bandung berkantor di Surapati Core Blok AB No. 33 Jl. PHH. Mustofa (Suci) Bandung. (dja)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *