Juli 17, 2024
Humaniora

Bosan Di Tempat kerja? Coba Lakukan Tips Ini

Ilustrasi Foto: Oli Scarff/Getty Images

Seringkali ada teman yang mengeluh karena jenuh bekerja. Seperti yang kudengar sore ini. “Sudah hampir empat jam aku duduk di depan laptop mengerjakan tugas kantor, tetapi masih belum juga selesai. Punggung rasanya sudah capai, dan tangan sudah kaku. Pengen istirahat sebentar, tetapi nanti tidak selesai kerjaan ini. Rasanya sudah pengen nangis, aja. Masa kerjaan gak ada habisnya! Tapi masa iya, sih, aku nangis hanya karena bosan dan capai ngerjain tugas. Gak aku banget! Di saat seperti ini yang terbayang hanya secangkir kopi. Pikiranku pun sudah mampat gak bisa buat mikir. Pastilah teman-teman yang lain hanya melihat mukaku yang cemberut, gak ada senyum. So What?”

Pernahkah kamu mengalaminya? Aku pernah, bosan dengan tugas-tugas kantor.

Perasaan jenuh dan bosan bisa terjadi pada siapa saja, terutama yang bekerja di kantor. Padahal kantor itu ibaratnya adalah rumah kedua. Tidak percaya? Kita berada di kantor bisa lebih dari 8 jam dalam sehari. Coba bayangin, banyak waktu kita tersita oleh rutinitas pekerjaan, dll. Mulai dari bertemu teman, bekerja, ngobrol, makan… semuanya banyak kita lakukan di kantor. Kenapa bisa jadi jenuh? Apakah ruangan kantor kurang rapi, lingkungan kurang nyaman, atau teman sejawat menjengkelkan? Atau mungkin juga kitanya yang kurang minat pada bidang pekerjaan tersebut sehingga mengalami kesulitan berkonsentrasi. 

Ketika kita mulai merasa tidak nyaman, pastilah yang muncul pertama kali di pikiran adalah pengen resign demi mendapatkan suasana baru. Benarkah itu solusinya?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat kita merasa bosan dan jenuh di tempat kerja

  • Rapikan Meja Kerja

Ruangan yang nyaman dengan meja kerja yang tertata rapi akan membantu mood  terjaga dengan baik. Meja kerja yang berantakan malah menambah kejenuhan dan pikiran kusut. Bagaimana bisa nyaman kerja kalau ruangan bau, kotor, dan banyak kertas serta benda-benda lainnya berserakan di meja.

Bagaimana cara merapikan meja kerja?

Pertama, pindahkan benda-benda yang ada di atas meja, sekalian disortir, benda mana yang dibutuhkan dan buang yang tidak dibutuhkan. Kemudian bersihkan meja, berilah taplak meja polos atau kaca. Taruhlah pot dengan tanaman hidup di meja, usahakan yang berwarna hijau. Tanaman berwarna hijau akan membantu menyegarkan mata yang lelah.

Kedua, letakkan desk organizer untuk tempat pensil, bolpoint, dll, di tempat yang gampang terjangkau. Kemudian sediakan baki kecil untuk tempat gelas untuk air putih, dan cangkir untuk ngopi. Letakkan laptop pas di tengah meja. Taruh rak dokumen dipojok, untuk tempat file-file yang sedang dikerjakan.

Ketiga, atur dan simpan yang rapi file-file. Sekalian dipilah menurut kepentingannya. Jangan banyak menumpuk berkas. Selain menyimpan debu juga bikin penuh almari penyimpanan file. 

  • Me Time

Me time adalah meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Bisa? Harus bisa! Me time itu penting banget buat kesehatan dan kedamaian mental. Biarkan otak istirahat sebentar supaya pikiran jadi fresh lagi. Kalau otak kita kerja terus yang ada kitanya jadi stres. Tubuh juga butuh rileks, butuh di istirahatkan sejenak. Jangan sampai kita kelelahan, dan akhirnya banyak penyakit yang muncul. Itu jangan sampai terjadi.

Banyak cara bisa dilakukan untuk me time. Tidak perlu sampai seharian. Minimal 15 menit, sudah cukup. Jika kamu suka kopi, buatlah secangkir kopi lalu nikmati kopi di ruangan yang tenang, sambil mendengarkan alunan musik.

Biasanya setelah me time, kitanya jadi lebih peduli dan lebih menghargai orang lain, sehingga kualitas hubungan dengan orang lain jadi meningkat.

  • Curhat

Curhat tidak sekadar meluapkan uneg-uneg dan mencurahkan isi hati. Tetapi curhat itu sangat efektif untuk meringankan beban pikiran.  Curhat dikenal juga dengan istilah ventilasi, sebagai salah satu cara alami kita berbagi beban kepada orang lain.

Di kantor pasti kita punya teman dekat, teman yang kita percaya yang biasa diajak ngrumpi.  Curahkan semua uneg-uneg yang ada di dalam hati, supaya bisa terlampiaskan dan membuat sedikit lebih lega. Apalagi kalau teman itu bisa memberikan solusi. Ingat ya, tidak semua orang yang curhat butuh solusi, terkadang hanya butuh didengarkan saja.

  • Berpikir Positif

Bosan di tempat kerja seringkali bikin kita ‘capek ati’ dan akhirnya muncullah pikiran-pikiran yang negatif dan ingin menyerah. Betul?  Kenapa mesti begitu? Padahal semua yang kita pikirkan itu belum tentu benar. Itu hanya praduga saja.  

Setelah kita merapikan ruang kerja, curhat, dan me time pikiran pasti menjadi lebih santai. Sekarang saatnya mulai berpikir positif. Jika kita mengganti pikiran-pikiran negatif kita dengan pikiran yang positif, maka otot-otot di tubuh akan terasa lebih rileks. Hasilnya, kita mampu bekerja dengan lebih terarah dan fokus.

  • Liburan

Nah, liburan ini sangat tepat sekali buat yang lagi bosan di tempat kerja. Liburan sangat pas untuk jiwa raga yang lelah. Dengan berlibur akan menyegarkan kembali mood setelah sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk dan seolah tidak ada habisnya.

Pilihlah tempat yang menyenangkan. Wisata alam sangat cocok dengan kondisi ‘capek’.  Akan membuat pikiran menjadi yang lebih fresh. Berlibur di alam terbuka akan menurunkan stres. 

Liburan bisa membuat suasana hati yang kalut kembali ceria dan rasa jemu, bosan pun hilang. Biasanya selama perjalanan liburan kita akan bertemu, berkenalan dengan orang baru. Akhirya kita bisa ngobrol bertukar pikiran, menambah wawasan.

Ingat ya, tanpa kita sadari biasanya setelah liburan wajah lebih ceria dan badan lebih nyaman. Kita jadi lebih bersemangat dan lebih fokus bekerja. Komunikasi antar teman pun lancar. Jadi masih ragu cuti buat liburan? (Lia Maria)

Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *